Tata cara/aturan etika komunikasi agar tidak kacau

Bookmark and Share
Banyak sekali cari manusia untuk berkomunikasi baik bicara langsung, ataupun melalui media-media lain seperti internet, handphone, dll. namun, bagaimana sebernarnya cara/ aturan atau etika yang baik dalam berkomunikasi itu agar komunikasi berjalan lancar dan tidak kacau?

Etika dalam berkomunikasi biasa dikenal dengan sebutan 5W 1H, 5W 1H adalah :

W1 - What (apa)
Lawan bicara harus tau apa yang sedang dibicarakan. karena jika lawan bocara tidak mengerti komunikasi tidak akan berjalan lancar

W2 - Who
Mengetahui siapa yang diajak bicara, seperti pandangan mata agar kita menghargai lawan bicara. kita harus mengetahui siapa yang kita ajak bicara, misal contoh kasar : jangan disamakan berbicara dengan kuli bangun rumah dengan atasan kita di kantor

W3 - Where (dimana)
Dimana saaat kita berkomunikasi, jangan samakan berkomunikasi saat di depan rumah, atau di tempat berkumpul dengan teman dengan ruang rapat, itu akan membuat komunikasi menjadi kacau

W4 -When (kapan)
Kapan kita memulai berkomunikasi, tidak mungkin kan kita menghubungi orang tengah malam, karena akan menggangu mereka yang sedang beristrirahat



5. Why (mengapa)
ini adalah fokus dari pembicaraan kita

6. How (bagaimana)
Bagaimana cara kita berkomunikasi agar orang dapat mengerti dengan apa yang kita jelaskan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Artikel Terkait