menurunnya rasa berkesenian terhdap seni negeri sendri di kalangan remaja

Bookmark and Share
Latar belakang



 
Kesenian merupakan hal yg berharga untuk negeri kita, begitu banyak seni yang ada di indonesia, salah satunya yang kita bahas ini, tentang seni lukis. berkembangnya teknologi menyebabkan banyak orang yang lebih membuat langsung ke visualisasi dalam bentuk teknologi ketimbang membuat visualisasi di atas kanvas, maka saya coba mencari sebuah artikel yang salah satunya menceritakan alasan mengapa hal demikian itu terjadi.

Tak Laku di Pasar
Minat Belajar Seni Lukis Tradisi Berkurang
Gianyar (Bali Post) -Minat para lulusan SMP untuk belajar Seni Lukis tradisi yang disiapkan oleh SMK Negeri 1 Sukawati, tiap tahun kondisinya makin memprihatinkan. Minat belajar seni lukis tradisi tiap tahun pelajaran baru makin berkurang. Hal tersebut diakui Wakasek Kesiswaan SMK Negeri 1 Sukawati, Drs. Ketut Budiana, M.Si., beberapa waktu lalu.

Menurunnya minat pencari jurusan seni lukis tradisi mulai bergeser dengan makin berkurangnya kelas yang diterima tiap tahun oleh sekolah yang terletak di Batubulan. Tahun lalu, dari tiga kelas sebelumnya, hanya mendapatkan siswa dua kelas. Budiana mengatakan, berkurangnya minat jurusan seni lukis tradisi ini salah satunya disebabkan oleh faktor ekonomi. Mereka lebih banyak memilih seni lukis modern, karena dari segi proses dan penghasilannya dirasakan lebih cepat.

Sebagai sekolah yang telah mencetak banyak seniman seni lukis ini, SMK Negeri 1 Sukawati sendiri dalam mempertahankan keberadaan seni lukis tradisi dengan memberikan kemudahan bagi peminat, seperti menyediakan kanvas lukis gratis bagi mereka. ''Terhadap merosotnya minat jurusan seni lukis tradisi ini, juga disebabkan oleh faktor lingkungan dari siswa calon seniman itu sendiri,'' jelasnya.

sumber : http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberita&kid=2&id=52250

Kesimpulan
      
       berkurangnya minat terhadap kesenian lukis, di karenakan  Mereka lebih banyak memilih seni lukis modern, karena dari segi proses dan penghasilannya dirasakan lebih cepat. semua kembali ke bagaimana cara menghasilkan uang bukan untuk mencoba melestarikan budaya indonesia sendiri. mungkin memang itu alasan terbesar mengapa kesenian indonesia menurun dan mulai memudar

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Artikel Terkait