INILAH.COM, Jakarta - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Solo, Jawa Tengah, masih harus bekerja keras lagi memperbaiki mobil hasil karyanya.

Bookmark and Share
Latar Belakang Mobil esemka adalah mobil buatan anak bangsa yang saat ini gempar dibicarakan oleh media. namun saat ini mobil esemka masih belum bisa layak jalan di karenakan mobil esemka gagal pengujian emisi oleh kementerian perhubunganalasan belum layak jalan diantaranya, lampu yang belum memenuhi standar dan emisi gas buang.

Mobil ini masih belum dikategorikan layak jalan. Kementerian Perhubungan mengumumkan, mobil kebanggan Walikota Solo Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, dinyatakan gagal uji emisi. Uji emisi merupakan bagian dari proses uji tipe kendaraan untuk dinyatakan layak jalan.

Kementerian Perhubungan merupakan instansi pemerintah yang memiliki kewenangan, untuk menerbitkan sertifikat uji tipe kendaraan. Namun hasilnya Esmeka masih memerlukan banyak perbaikan untuk dapat layak jalan.  Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan menjelaskan, kegagalan Esemka bukan yang pertama kalinya dalam menjalani uji tipe kendaraan.

Pada tahun 2010, Esmeka pernah mengajukan uji tipe kendaraan terhadap lampu kendaraan. Hasilnya, lampu mobil tersebut tidak memenuhi syarat berlaku dalam menghasilkan sinar. "Sekarang dia belum mengajukan uji baru tentang lampunya, karena tahun 2010 dia pernah menguji tipe terhadap lampu mobil. Lampunya masih belum memenuhi standar," kata Bambang kepada INILAH.COM di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Dia menjelaskan, menurut standar yang diatur dalam Undang-Undang Lalulintas, lampu besar mobil harus menghasilkan sinar minimal 12 ribu CD. Namun mobil Esemka hanya menghasilan 10.900 CD pada lampu kanan, dan 6.700 CD pada lampu kiri. "Tahun ini belum uji layak jalan lagi," kata Bambang.

Hingga saat ini Kementerian Perhubungan belum bisa menerbitkan sertifikat uji tipe terhadap mobil nasional tersebut. Artinya, mobil tersebut juga belum memiliki kelayakan jalan. Esemka, kata Bambang, harus memperbaiki lagi kualitas kendaraannya, terutama pada dua hal yang telah dinyatakan gagal uji tipe kendaraan, yakni pada lampu mobil dan emisi gas buang. [cms]

Kesimpulan

Kementerian Perhubungan belum bisa menerbitkan sertifikat uji tipe terhadap mobil nasional tersebut. Artinya, mobil tersebut juga belum memiliki kelayakan jalan.
sumber : http://id.berita.yahoo.com/esemka-dua-kali-gagal-uji-tipe-kendaraan-120400505.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Artikel Terkait