membuat kalendar dengan blender

Bookmark and Share
disini saya mencoba menjelaskan bagai mana membuat calendar menggunakan blender 3d.



modifier yang di perlukan
- surbdividen surface . modifier >> subdividen surface
- unwrap. edit mode >> u >> unwrap
- loop tools. edit mode >> crtl + mouse roll
- duplicate . shift + D
- atur skala . shhorcut s
- exterlude ,  shortcut e

langkah yang pertama

buat alas untuk kalendernya


- buat mesh kotak . lalu atur skalanya dan di haluskan menggunakan subdividen surface seperti gambar di atas

setelah itu buat dindingnya untuk pantulan cahaya dari meja


- buat mesh, plane lalu ambil 2 sisi sudut dan di exterlude ke sumbu z (atas) . contohnya seperti gambar di atas

sekarang buat kalendernya
- buat mesh plane persegi panjang lalu di duplicate sebanyak jumlah lembaran kalendernya, dan persegi panjang ruang sebagai klip kalendernya contohnya di bawah ini

sekarang material
material pertama untuk dinding , buat settingan material seperti berikut
untuk yang lainnya tidak di rubah.

ke-2 mejanya
untuk setting material


mirror di centang untuk menampilkan refleksi warna dari bentuk yang lainnya
untuk texturenya
  

pilih texture, open image , pilih texturenya. disini saya memakai texure kayu. kita bisa mengganti sesuai yang kita inginkan untuk mappingnya gunakan generated, dan projectionnya cube

lalu setting koordinat untuk lampnya..
disini saya menempatkan lampunya seperti gambar di atas.
untuk setting lightingnya seperti berikut
- point
- energy 4.780
- inverse linear
- distance 63
- sphere di centang, samplenya saya memakai nomer 6 , dengan tingkat softnya 19

yang terakhir unwrap dan loop cut untuk calender halaman atas

mesh yang untuk halaman calender awal di loopcut untuk membuat lipatan kalendernya
selanjutnya
klik kanan objek yg di unwrap. edit mode > keyboard u > unwrap
pindah setting ke uv image editor input gambarnya contoh seperti di bawah ini 
skalanya di buat se-pas mungkin
jika sudah angkat sudut-sudut dari kalender agar terlihat lekukan dan lakukan smooth, tekan T di sebelah layar muncul klik smooth
contoh hasil :

klik objectnya halaman yang tadi / paling atas di kalender setting material object sebagai berikut
klik mateerial klik add new lalu ke halaman texture

klik texture > tanda + >  pilih image > open pilih gambar
klik mapping pilih uv pada coordinate seperti gambar di bawah




selesai tinggal peletakan kamera sesuka anda
dan test rendering shortcut f12 .. contohnya seperti berikut


selamat mencoba :)


keywords :
membuat kalendar dengan blender
membuat kalendar 
membuat kalendar blender
kalendar dengan blender
membuat dengan blender
blender membuat kalendar
dengan blender membuat kalendar

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Artikel Terkait